Belanja Online Yang Aman

Posted by Unknown Minggu, 16 Juni 2013 0 komentar
Di zaman yang serba canggih ini semua sudah bisa dibeli via online. Baik itu baju, sepatu, tas, elektronik, dsb. Adanya toko online menambah antusiasme orang-orang untuk berbelanja.

Belanja memang menyenangkan apalagi bila terjangkau harga serta kualitasnya. Tetapi saat ini bukan itu saja yang wajib kita pikirkan bila ingin membeli barang, keamanan  menjadi pertimbangan yang diperioritaskan.

Mengapa begitu? Seiring berkembangnya teknologi tingkat kejahatan juga semakin bertambah, akibatnya sering sekali terjadi kasus penipuan di dunia maya. Bila sudah begitu siapa yang harus bertanggung jawab?

Belanja Online yang Aman

1. Tentukan Toko Online

Jumlah toko online sekarang ini meningkat drastis. Hal ini membuat kita seringkali mempertanyakan keamanan situs tersebut. Jadi lebih baik anda pilih toko online yang sudah terkenal di kalangan masyarakat atau sering diiklankan.

Bila anda ingin berbelanja di toko online yang tidak familiar namanya, anda sebaiknya menghubungi kontak yang tertera pada situs tersebut untuk memastikan apakah toko online itu aman atau tidak.

2. Periksa Keamanan Situs

Banyak cara yang mudah untuk  mengetahui keamanan sebuah situs, salah satunya dengan memastikan situs tersebut mempunyai fasilitas SSL (Secure Sockets Layer).

Apabila sebuah situs memiliki fasilitas SSL, pada browsernya pasti diawali dengan HTTPS.

3. Baca Aturan yang Berlaku

Sebelum melihat-lihat produk bacalah lebih dulu apa saja persyaratan ketika ingin melakukan pembelian pada toko online tersebut. Jika toko online itu meminta anda untuk mengisi data pribadi anda dan dapat dilihat oleh pihak lain anda lebih baik membatalkannya.

Karena jika data pribadi anda tersebar luas bisa saja disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang hanya ingin mendapatkan keuntungan dari anda.

4. Periksa Statistik Situs

Mengapa kita perlu mengecek statistik dari suatu situs? karena dari sana kita dapat mengetahui seberapa amannya situs tersebut.

Umumnya sebuah situs harus mempunyai Domain Age (minimal 1 tahun), Google Page Rank (minimal rank 1), dan Alexa Rank (di bawah 1juta).

5. Periksa Produk

Tidak jarang kita menemukan barang dengan harga yang sangat murah dan juga diskon yang besar, itu memang hal yang sangat menarik.

Tapi tunggu dulu, anda jangan mudah tergiur dengan produk seperti itu. Lebih baik pastikan terlebih dahulu apakah barangnya berkualitas. Kalau bisa anda membeli barang dengan harga yang standar saja.

6. Pastikan Keamanan PC Anda

Pastikan PC anda terpasang antivirus. Lebih baik lagi jika terdapat spyware dan firewall. Jangan lupa rutin mengupdatenya agar tetap terjaga keamanannya.

7. Tentukan Cara Pembayaran

Pembayaran dapat dilakukan dengan cara mentransfer ke rekening yang bersangkutan. Atau bisa juga pembayaran dilakukan secara online contohnya menggunakan layanan PayPal.

8. Simpan Bukti Pembayaran

Setelah melakukan transaksi pasti anda akan menerima bukti pembayaran. Simpanlah bukti pembayaran tersebut dengan benar agar jika sewaktu-waktu diperlukan tidak menjadi masalah.

9. Pastikan Barang Anda Sampai Dengan Selamat

Maksudnya adalah anda harus memastikan apakah barang tersebut anda terima dalam keadaan utuh (tanpa cacat sedikitpun). Biasanya barang dengan jumlah atau ukuran yang besar lebih beresiko mengalami cacat, entah itu patah, lecet, dll.

Sebaiknya jika jumlah atau ukuran barangnya  besar, mintalah toko online mengasuransikan pengiriman via Tiki atau JNE.

Demikian beberapa Tips Belanja Online yang Aman semoga dengan tips tersebut kita dapat lebih berhati-hati memilih toko online. Tentu saja toko online yang aman, memiliki barang yang berkualitas dengan harga terjangkau.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Find Us On Facebook

Recent Comment